Friday, June 25, 2010

janiratna

hari ini adalah pertama kalinya saya membuat blog

setelah bercita2 ingin memiliki blog sendiri sejak jaman sma
(jangan tanyakan berapa umurku sekarang, suatu hari kita akan membahas masalah ini. Tapi tdk sekarang)
baru hari ini cita2 itu kesampaian

satu pertanyaan saat akan membuat blog
pertanyaan yang hampir selalu membuatku kebingungan
nama........
apakah harus memakai nama lengkap?
atau apakah cukup dengan nama panggilan?

karena nama lengkapku terlalu panjang dan nama panggilanku terlalu lazim

nama lengkapku

janiratna sum randa ma'dika

kata ibu, ini artinya gadis januari cucu dari susana maria putri randa ma'dika
aku satu2nya putri ayah randa madika yang lahir di bulan januari dengan didampingi kedua nenek kandungku susana maria-sum.


ada cerita seseorang meminta nama dan alamat kos ku?
"apa? janiratna? gag keren abis yah?"
haaaaa jujur amat gag sih ni orang
tapi aku hanya tertawa dan berkata
"iya, ayah ku ternyata orang Indonesia sekali", sambil tersenyum manis

saya kenal seorang gadis, lebih tepatnya bocah cilik
yang mengganti nama yang sudah diberikan oleh orang tuanya
tepat ketika dia sudah bisa menyuarakan isi hatinya sendiri
alasannya sih sederhana
nama pilihan orang tuanya terlalu biasa

ckckckck
anak jaman sekarang....

satu hal yang baru kusadari di salah satu libur semester perkuliahan
adalah semua kakakku, dan itu berjumlah 4, diberi nama dengan huruf awalan A
Ade, Andre, Adi, dan Asterda
sedangkan aku J?????

apakah aku putri yang terlalu istimewa sehingga dibuat berbeda dengan yang lain?
atau justru aku terlalu berbeda sehingga harus diberi nama yang berbeda?

mendengar pertanyaaku?
ibu tertawa terkekeh dengan banyak linangan air mata
"tidak ada yang spesial atau aneh nak
hanya, waktu kamu lahir,
kami berdua (baca: ayah dan ibu ku)
lupa kalau kami punya rencana membuat nama berawalan huruf A
dan jadilah namamu sebagaimana adanya"

hahaha alasan yang sangat bodoh

tapi yang lebih bodoh lagi
adalah cara mereka berdamai dengan kebodohan itu

ketika adik bungsuku lahir
dia diberi nama dengan huruf awal J
hahaha
sebut saja aku GR
tapi jauh di dasar hati mereka yg paling dalam
mereka pasti tidak ingin memberi nama berawalan A untuk adikku
mana tega mereka melihatku sendirian menjadi mahluk aneh
terjebak di tengah mahluk2 bernama awalan A


And now It's me
masih dalam kebingungan yg sama
setiap kali diminta menyebutkan nama

Tetapi
meski berbeda dengan kakak-kakakku
meski dibilang ngak keren bellas
hari ini
aku sebut namaku Janiratna

No comments:

Post a Comment

stay strong sangbaine

seorang temanku meninggal hari ini temanku yang adalah suami dari temanku juga masih muda pastinya anak2nya juga masih kecil2 sekali ada tig...