Friday, February 21, 2014

tips menghadapi cacar air dengan tenang dan keren

Selama bertahun-tahun, aku selalu bangga karena tidak pernah terserang penyakit cacar air.
Bukan cuman karena itu berarti aku dikaruniai daya tahan tubuh yang cukup kuat, tetapi juga, karena itu berarti, aku tidak memiliki bekas luka cacar seperti beberapa teman kalau luka bekas jerawat sih banyak.
Hingga tahun lalu, di usia setua dewasa ini, aku akhirnya merasakan cacar air.

Maka tahun ini, setelah badai cacar itu berlalu, aku akhirnya memutuskan untuk menulis tentang apa yang seharusnya kulakukan waktu itu, juga apa yang seharusnya tidak kulakukan.
Siapa tahu, tulisan ini, bisa menyelamatkan beberapa perempuan cantik Indonesia dari bencana setelah cacar air. 
Berikut tips menghadapi ancaman cacar air dengan tenang dan keren: 
1. Apabila anda merasa demam, pilek, cepat merasa lelah, lesu, lemah, nyeri sendi, sakit kepala dan pusing. Maka mungkin anda sedang terinfeksi virus, tetapi belum tentu virus varicella-zoster biangnya sakit cacar air.

2. Apabila anda menderita paling tidak dua dari semua gejala di atas dan disertai kemerahan/lenting berisi cairan dengan dinding tipis di sekitar dada, perut, punggung, anggota gerak dan wajah. Maka mungkin anda sedang terinfeksi virus varicella-zoster.

3. Pastikan bahwa kemerahan/lenting itu bukan jerawat, apabila anda tidak yakin, bertanyalah pada orang terdekat anda. Lebih bagus lagi kalau orang terdekat anda itu adalah seorang dokter. Semakin cepat penyakit ini dideteksi, semakin cepat penanggulangannya, semakin baik bagi pemulihan kesehatan kulit anda.

4. Bila anda sudah yakin bahwa anda menderita cacar air. Jangan panik. Anda dapat langsung menghubungi dokter keluarga atau kalau mau sedikit bersabar dan berhemat. Anda bisa mencari informasi cara pengobatannya di situs-situs tanya dokter di internet, ada banyak situs yang bisa anda datangi, misalnya disini.

5. Saran pengobatan di situs-situs itu akan menawarkan obat generik atau obat paten; anda sebaiknya memilih obat generik karena obat generik menawarkan khasiat yang sama dengan harga yang jauh lebih murah, temukan informasi tentang obat generik disini.

6. Baca baik-baik petunjuk konsumsi obat yang dianjurkan. Berapa jam sekali? Berapa kali sehari? Harus habis atau boleh tidak?. Patuhi!

7. Anda akan menerima banyak saran dan masukan tentang ramuan tradisional yang harus dikonsumsi atau tidak boleh dikonsumsi. Anda boleh saja mematuhinya, tetapi pastikan bahwa semua itu hiegienis dan tidak bertentangan dengan petunjuk konsumsi obat anda. Dan yang paling penting, jangan menyentuh lenting anda dengan kasar sehingga membuatnya pecah. Kerjakan semua itu dengan lembut.
 
8. Penyakit cacar air, sama seperti penyakit infeksi virus lainnya, sangat dipengaruhi oleh daya tahan tubuh. Konsumsilah makanan bergizi dan istirahatlah yang cukup untuk memperbaiki daya tahan anda. Karena sebenarnya, dengan pola hidup yang sehat, tubuh yang terinfeksi virus, dapat memulihkan dirinya sendiri bahkan tanpa minum obat sekalipun.

9. Anda sangat diperbolehkan untuk mandi. Hal ini perlu untuk menjaga kehiegenisan kulit anda sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut; Tetapi ingat, lakukan dengan hati-hati, jangan sampai lenting cacar airnya pecah dan meninggalkan bekas kehitaman bahkan bopeng/bekas yang dalam di kulit.

10. Sudah minum obat dan lentingnya masih terus bertambah? jangan khawatir, yang anda minum itu obat buatan manusia bukan obat buatan penyihir yang super ajaib. Sabar.

11. Seiring pemulihan, beberapa lenting akan menghilang tanpa bekas, tetapi ada juga yang tidak. Jangan panik dan jangan terburu-buru melakukan perawatan kecantikan kulit. Berikan waktu bagi kulit anda untuk memulihkan dirinya sendiri selama tiga sampai empat minggu. Sambil menunggu kulit anda beregerasi dengan sendirinya tetaplah jaga pola hidup sehat seperti ini.

12. Sudah sebulan dan masih ada bekas luka yang tertinggal? Jangan stress, ada banyak perawatan kecantikan di luar sana. Ada banyak situs yang menawarkan produk pencerah, produk regenerasi sel kulit, juga perawatan kecantikan kulit seperti peeling, dermabrasi, laser dan sebagainya dengan harga yang bervariasi sesuai kantong.


Dan apa kabar dengan aku setelah badai cacar itu?

Mungkin ini bisa membuat anda sedikit tenang.

Meskipun aku telat menangani cacar airku.
Meskipun ada beberapa lenting yang pecah.
Pada akhirnya, bekasnya hilang dengan sendirinya.

Jadi, tetap tenang dan tetap keren menghadapi virus varicella-zoster.
Hitung-hitung, anda bisa istirahat dari sekolah, kuliah atau kerjaan selama beberapa hari.
Kapan lagi bisa seperti itu?

 

No comments:

Post a Comment

stay strong sangbaine

seorang temanku meninggal hari ini temanku yang adalah suami dari temanku juga masih muda pastinya anak2nya juga masih kecil2 sekali ada tig...