Tuesday, April 30, 2013

Waktu yang dirindukan



Waktu SMP, aku rindu jadi anak SD lagi.
Keliling lapangan bola SD sambil mengejar teman sekelas yang bolos jatah piket.
Hitam, dekil, bau keringat, bau matahari dan tidak tahu malu.

Waktu SMA, aku rindu jadi anak SMP lagi.
Nongkrong makan pisang ijo sambil pelototin Shah Rukh Khan di film Kuch Kuch Hotta Hai bareng teman gank.
Masih tetap hitam, tetap dekil, tapi sudah tidak bau keringat tidak juga bau matahari, kan sudah mulai ngecengin cowok.

Waktu Kuliah, aku rindu jadi anak SMA lagi.
Lari keliling asrama SMA dikejar Pak Kepsek karena bolos upacara.
Sudah tidak terlalu hitam juga tidak dekil lagi.
Malu kalau ketahuan malas mandi sama teman asrama.

Sekarang waktu aku akhirnya jadi pegawai, aku akan selalu rindu masa kuliah.
Bukan apanya,
Itu adalah masa terakhir dimana aku bisa minta duit ke Ortu tanpa malu.
Itu adalah masa terakhir dimana aku bisa bermalas-malasan di hari Senin tanpa perlu nunggu cuti, tanpa perlu nunggu tanggal merah.
Itu adalah masa terakhir dimana aku bisa pulang tiap Natal dan tiap libur lebaran ke kampung halaman. 
Itu adalah masa terakhir dimana aku bisa nongkrong di teras KFC sampai masuk angin, tetapi tetap bahagia.

Karena
Setelah aku meninggalkan bangku kuliah, aku harus merelakan diriku dan sisa waktu produktifku dalam dunia kerja.

Jadi..

Nikmati masa kuliahmu anak muda.
Bangun pagi, Ikut kuliah, Kerja tugas, Nongkrong, Ikut UKM, Main bilyard, UTS, Nonton pilem, UAS, Nonton konser, Skripsi, Ke Gym, Bimbingan dosen, Karokean, Wisuda...
Semuanya.
Jangan iri pada mereka yang bekerja.
Mereka yang harusnya iri, karena tidak bisa lagi menikmati itu semua.

Lagi pula,
Mereka bukan pembanding yang tepat.


Tetapi..

Irilah pada mereka yang kuliah dengan baik,
yang akan lulus dengan baik,
dan yang akan dapat kerjaan yang lebih baik pula.


Irilah pada mereka.

Karena sebenarnya, kalian  bisa saja seperti mereka.
Hanya kalian tidak memilihnya.
Padahal kalian juga punya hak untuk memilih itu.




P.S. Jangan stess dengan pertanyaan “Kapan Lulus?”,
akan ada banyak pertanyaan horor 
yang menanti di kehidupan yang akan datang,
“sudah kerja?”
“kerja dimana?”
 “sudah punya calon?”,
“kapan kawin?”
 “sudah punya anak?”
 “Berapa anaknya?”
Phuuuuuuft
INGAT!
Jangan stres karena pertanyaan itu.
Tetapi
stress lah kalau anda tidak mau berusaha semaksimal mungkin
untuk bisa menjawab pertanyaan itu
dengan jawaban yang akan membuat orang yang anda kasihi
jadi bangga pada anda.

No comments:

Post a Comment

stay strong sangbaine

seorang temanku meninggal hari ini temanku yang adalah suami dari temanku juga masih muda pastinya anak2nya juga masih kecil2 sekali ada tig...