Saturday, March 10, 2012

Harapan, Kasih, Doa, dan Takdir

Apa hal yang tidak pernah tidak ada dalam setiap ajaran agama apapun di muka bumi?

Kasih dan Doa

Kasihilah sesamamu manusia, teruslah berdoa bagi mereka dan bagi dirimu sendiri. Maka Tuhanmu akan merasakan kasih dalam setiap doa yang kau panjatkan. Dan, Dia akan mengabulkan harapmu.

***

Maka aku selalu membiasakan diri untuk menutup dan membuka hariku dengan percakapan hati ke hati dengan Tuhanku.

Saat menutup hari, biasanya aku bercerita tentang pekerjaanku hari itu, tentang kebahagiaanku hari itu, tentang orang2 yang kukasihi, dan yang paling sering, curhat tentang rasa kecewa hari itu. Kalau lagi ngantuk? percapakan malam itu, kadang hanya “Ngantuk Bos, jagain aku tidur yah?” atau langsung terjun ajah ke kasurku yang posesif.

Nah kalau membuka hari, bentuknya lebih mirip sekretaris dengan agenda kerja; “nanti aku mau kesini”, “nanti aku mau begini” terus “kalau bisa dilancarkan yah hehehe”. Terus kalau telat bangun? “Ok, kerja dulu Bro!”. Parah2nya sih, gak bilang apa2 langsung main lompat dari kasur, ngacir ke kamar mandi.

***

Apa hal lain yang tidak pernah tidak ada dalam setiap ajaran agama apapun di muka bumi?

Takdir

Nasib yang sudah dituliskan Tuhan sejak manusia dari kandungan. Tak terbantahkan untuk setiap manusia.

***

Lalu, mengapa aku masih saja berdoa pagi dan malam, meminta2 pada Tuhanku. Ketika ada sesuatu bernama Takdir yang sudah dituliskan sejak aku dari kandungan? Yang dapat membumi hanguskan harapan apapun yang ada dalam list Kasih dan Doaku?

Sebuah pesan yang kuterima hari ini memberikan alasannya padaku.

***

Someone asked God, if everything is already written in destiny, then why should we wish for something?

God Smile and said, Maybe in few places I have written “As you wish”

***

Dan pagi ini, seperti hari2 sebelumnya. Kubuka hariku lagi dengan mengirimkan harapan, kasih dan doa pada Tuhanku. Mungkin saja, harapku hari ini, jatuh pada garis takdir yang Tuhan isi dengan tulisan “Sesuai Harapmu”.

2 comments:

stay strong sangbaine

seorang temanku meninggal hari ini temanku yang adalah suami dari temanku juga masih muda pastinya anak2nya juga masih kecil2 sekali ada tig...